PENGEMBANGAN UNIT COMMUNITY DEVELOPMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MASYARAKAT DAN PERAN LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKAT (LPM) BERBASIS PENDIDIKAN MASYARAKAT BERMUTU

  • Abdul Razak

Abstract

ABSTRAK


Tantangan dan persaingan di era global saat ini menuntut masyarakat berpacu dalam mengembangkan sumberdaya manusia. Dunia berubah sangat cepat, kehidupan, masyarakat dan perekonomian menjadi lebih kompleks. Sifat dasar pekerjaan berubah sangat pesat. Ukuran kesiapan tersebut yang diadopsi oleh Indonesia adalah capaian pembangunan milinium (Millennium Development Goals yang disingkat MDGs). Tuntutan global dan MDGs adalah men-develop yakni membangun unit lembaga yang mampu membangun dan menggerakkan serta bersistem masyarakat untuk berbuat lebih banyak di segala bidang. Bersistem masyarakat artinya komponen dan fungsi melibatkan partisipasi aktif masyarakat yang didukung oleh pihak perguruan tinggi dan pemerintah. Unit tersebut kita sebut community development.

Published
2018-08-28
How to Cite
RAZAK, Abdul. PENGEMBANGAN UNIT COMMUNITY DEVELOPMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MASYARAKAT DAN PERAN LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKAT (LPM) BERBASIS PENDIDIKAN MASYARAKAT BERMUTU. MINANG EDUCATORS, [S.l.], v. 1, n. 2, aug. 2018. Available at: <http://jme.ppj.unp.ac.id/index.php/jme/article/view/21>. Date accessed: 16 dec. 2018.